Oleh Suswimaiyanti
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Jenjang Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Materi Pokok : Apresiasi Karya Seni Rupa Terapan Nusantara
Uraian Materi : - Mengidentifikasi Karya Seni
Rupa Nusantara
Kelas/Semester : VIII/ 1
Pertemuan Ke : 1
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
I.
STANDAR KOMPETENSI
Mengapresiasi Karya Seni Rupa
II.
KOMPETENSI DASAR
Mengidentifikasi jenis
karya seni rupa terapan Nusantara masa lampau
III.
INDIKATOR
a.
Menyebutkan jenis karya seni rupa terapan Nusantara masa lampau
dilihat dari dimensinya.
b.
Memberi contoh karya seni rupa terapan Nusantara dua
dimensi.
c.
Memberi contoh karya
seni rupa terapan Nusantara tiga dimensi.
d.
Menyebutkan fungsi salah satu karya seni rupa terapan
masa lampau.
IV.
SKENARIO PEMBELAJARAN
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
Metode
|
1.
|
Pendahuluan
a. Bercerita
tentang berbagai karya seni rupa terapan Nusantara.
b. Menjelaskan
tujuan dan kegunaan mempelajari karya seni rupa terapan
|
15 menit
|
Tanya jawab
|
2.
|
Kegiatan Inti
a. Membagi
kelompok diskusi
b. Memberi
tugas kelompok tentang :
1)
Menyebutkan jenis karya seni rupa terapan Nusantara masa
lampau dilihat dari dimensinya.
2)
Memberi contoh karya seni rupa terapan Nusantara dua
dimensi.
3)
Memberi contoh karya seni rupa terapan Nusantara tiga
dimensi.
4)
Menyebutkan fungsi salah satu karya seni rupa terapan Nusantara masa lampau.
c. Meminta
setiap kelompok untuk menunjuk 1 wakil mempresentasikan hasil diskusi.
d. Guru
memberi kesempatan pada siswa untuk menanggapi presentasi dari kelompok lain.
e. Guru
meluruskan dan memantapkan hasil diskusi.
|
65 menit
|
Diskusi
Presentasi
Ekspositori
|
3.
|
Penutup
a. Guru
bersama siswa menyimpulkan materi pelajaran
b. Guru
mengecek pemahaman siswa melalui tanya jawab.
|
15 menit
|
Tanya jawab
|
V.
ALAT DAN MEDIA
Video CD/VCD, Komputer, LCD
Proyektor, buku Seni Budaya, Buku Seni
Rupa
VI. PENILAIAN
& TINDAK LENJUT
a.
Penilaian keaktifan siswa melalui lembar pengamatan
b.
Tanya jawab
c.
Soal-soal :
1)
Soal Uraian :
Jawablah
pertanyaan di bawah ini secara singkat dan jelas !
1. Sebutkan jenis karya seni rupa terapan Nusantara masa lampau
dilihat dari dimensinya !
2. Berilah contoh karya seni rupa terapan Nusantara dua
dimensi minimal 3 !
3. Berilah contoh karya seni rupa terapan Nusantara tiga
dimensi minimal 3 !
4. Sebutkan
fungsi Nekara !
Kebasen,21 Juli
2013
Mengetahui Guru Seni Budaya
Kepala Sekolah
Drs.WAHYUDI SUSWIMAIYANTI,S.Sn
NIP.19560715 197903 1 007 Nip.19710424
200701 2 011
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Jenjang Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Materi Pokok : Apresiasi Karya Seni Rupa Terapan Nusantara
Uraian Materi : - Hal-hal yang perlu
diperhatikan dalam berapresiasi
Kelas/Semester : VIII/ 1
Pertemuan Ke : 2
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
I.
STANDAR KOMPETENSI
Mengapresiasi Karya Seni Rupa
II.
KOMPETENSI DASAR
Menampilkan
sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan, teknik karya seni rupa terapan Nusantara
III.
INDIKATOR
a. Menyebutkan
keunikan gagasan dan teknik dari karya
seni rupa terapan Nusantara yang diapresiasi.
b. Mempresentasikan
hasil apresiasi kepada orang lain di depan kelas.
IV.
SKENARIO PEMBELAJARAN
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
Metode
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Menanyakan dan mengingat materi pelajaran pertemuan
yang lalu.
|
10 menit
|
Tanya jawab
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Membagi kelompok diskusi
b.
Memberi tugas kelompok tentang :
1) Mengapresiasi
beberapa karya seni rupa terapan Nusantara
2) Menyebutkan
keunikan gagasan dan teknik dari karya
seni rupa terapan Nusantara yang diapresiasi.
c.
Meminta setiap kelompok untuk menunjuk 1 wakil
mempresentasikan hasil diskusi.
d.
Guru memberi kesempatan pada siswa untuk menanggapi
presentasi dari kelompok lain.
e.
Guru meluruskan dan memantapkan hasil diskusi.
|
65 menit
|
Diskusi
Presentasi
Ekspositori
|
3.
|
Penutup
a.
Guru bersama siswa menyimpulkan materi pelajaran
b.
Guru mengecek pemahaman siswa melalui tanya jawab.
|
15 menit
|
Tanya jawab
|
V.
ALAT DAN MEDIA
VCD, buku Seni Budaya, Buku Seni Rupa
VI.
PENILAIAN & TINDAK LENJUT
a. Penilaian
keaktifan siswa melalui lembar pengamatan
b. Tanya
jawab
c. Soal-soal
:
Jawablah pertanyaan di bawah ini secara singkat dan jelas !
1
Sebutkan keunikan gagasan dan teknik dari karya seni rupa terapan Nusantara yang baru
kamu apresiasi !
2
Presentasikan hasil apresiasi kelompokmu kepada orang
lain di depan kelas !
Kebasen,21 Juli
2013
Mengetahui Guru Seni Budaya
Kepala Sekolah
Drs.WAHYUDI SUSWIMAIYANTI,S.Sn
NIP.19560715 197903 1 007 Nip.19710424
200701 2 011
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Jenjang Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Materi Pokok : Berkarya Seni Rupa Terapan Nusantara
Uraian Materi : - Merancang karya seni hias
Kelas/Semester : VIII/ 1
Pertemuan Ke : 3
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
I.
STANDAR KOMPETENSI
Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
II.
KOMPETENSI DASAR
Merancang karya
seni kriya tekstil (batik) dengan teknik dan corak karya seni rupa terapan Nusantara .
III.
INDIKATOR
a. Menyebutkan
hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat rancangan motif hias (batik).
b. Membuat
rancangan motif hias (batik) dengan
teknik mistar ornamen.
IV.
SKENARIO PEMBELAJARAN
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
Metode
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Bercerita tentang berbagai seni kriya tekstil dan
teknik pembuatan (batik).
|
10 menit
|
Tanya jawab
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Penjelasan umum teknik menggambar motif hias.(batik).
b.
Siswa menyiapkan peralatan dan bahan untuk membuat
rancangan motif hias.
c.
Praktik membuat rancangan motif hias.
d.
Guru memantau dan membimbing kerja siswa.
|
65 menit
|
Demonstrasi
Presentasi
Ekspositori
|
3.
|
Penutup
a.
Guru mengumpulkan/menilai hasil rancangan motif hias.
b.
Penugasan kepada siswa untuk melatih diri
mempresentasikan gambar rancangan motif hias di depan kelas pada pertemuan
mendatang.
|
15 menit
|
Penugasan
|
V.
ALAT DAN MEDIA
* Video CD/VCD,
* Contoh-contoh gambar mistar
ornamen,
* Buku Seni Budaya,
* Buku Seni Rupa
VI.
PENILAIAN & TINDAK LENJUT
a.
Penilaian keaktifan siswa melalui lembar pengamatan
b.
Tanya jawab
c.
Soal-soal :
1. Apa
saja yang perlu diperhatikan jika kamu akan membuat rancangan motif hias dengan
teknik mistar ornamen (batik) ?
2. Buatlah
rancangan motif hias (batik) pada selembar kertas gambar dengan menggunakan
pensil gambar dan jangka !
Kebasen,21 Juli
2013
Mengetahui Guru Seni Budaya
Kepala Sekolah
Drs.WAHYUDI SUSWIMAIYANTI,S.Sn
NIP.19560715 197903 1 007 Nip.19710424 200701 2 011
PERENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Jenjang Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Materi Pokok : Berkarya Seni Rupa Terapan Nusantara
Uraian Materi : - Merancang karya seni kriya
Kelas/Semester : VIII/ 1
Pertemuan Ke : 4
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
I.
STANDAR KOMPETENSI
Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
II.
KOMPETENSI DASAR
Merancang karya
seni kriya tekstil (batik) dengan teknik dan corak karya seni rupa terapan Nusantara .
III.
INDIKATOR
a. Mewarnai
hasil rancangan motif hias (batik) dengan pewarna sederhana.
b. Meninta
garis dengan tinta gambar dengan menggunakan trekpen
IV.
SKENARIO PEMBELAJARAN
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
Metode
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Menanyakan kepada siswa tugas pertemuan yang lalu.
|
10 menit
|
Tanya jawab
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Penjelasan umum teknik mewarnai dan penintaan hasil
rancangan motif hias (batik) di kelas.
b.
Siswa Mempraktekan mewarnai hasil rancangan motif
hias (batik) di kelas dengan pewarna sederhana (kertas krep).
c.
Siswa mempraktekan meninta garis dengan trekpen.
d.
Guru memberi contoh, memantau dan membimbing siswa.
|
65 menit
|
Demonstrasi
Presentasi
Ekspositori
|
3.
|
Penutup
a.
Guru bersama siswa menyimpulkan hasil praktek
b.
Guru mengumpulkan/menilai hasil rancangan motif hias
|
15 menit
|
Tanya jawab
|
V.
ALAT DAN MEDIA
·
Video CD/VCD,
·
contoh-contoh gambar mistar ornamen,
·
buku Seni Budaya,
·
Buku Seni Rupa
VI. PENILAIAN
& TINDAK LENJUT
a.
Penilaian keaktifan siswa melalui lembar pengamatan
b.
Tanya jawab
c.
Soal-soal :
1.
Warnailah
hasil rancangan motif hias (batik) yang kamu buat dengan
mengunakan kertas krep yang dibasahi.
2.
Tebalkan dengan tinta garis-garis lengkung mengunakan
trekpen
d.
Kebasen,21 Juli
2013
Mengetahui Guru Seni Budaya
Kepala Sekolah
Drs.WAHYUDI SUSWIMAIYANTI,S.Sn
NIP.19560715 197903 1 007 Nip.19710424
200701 2 011
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Jenjang Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Materi Pokok : Berkarya Seni Rupa Terapan Nusantara
Uraian Materi : - Menggambar Ilustrasi
Kelas/Semester : VIII/ 1
Pertemuan Ke : 5
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
I.
STANDAR KOMPETENSI
Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
II.
KOMPETENSI DASAR
Mengekspresikan
diri melalui karya seni lukis/gambar.
III.
INDIKATOR
a. Menjelaskan
pengertian gambar ilustrasi
b. Menyebutkan
unsur-unsur gambar ilustrasi
c. Menyebutkan
jenis gambar ilustrasi
IV.
SKENARIO PEMBELAJARAN
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
Metode
|
1.
|
Pendahuluan
Tanya jawab tentang pengalaman menggambar pada diri siswa.
|
10 menit
|
Tanya jawab
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Penjelasan umum pengertian gambar ilustrasi
b.
Tanya jawab tentang unsur-unsur , jenis-jenis gambar
ilustrasi.
c.
Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk
mengerjakan lembaran tugas diskusi.
d.
Tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya.
Kelompok lain
menanggapi.
|
65 menit
|
Diskusi
Demonstrasi
Presentasi
Ekspositori
|
3.
|
Penutup
a.
Guru bersama siswa menyimpulkan materi pelajaran
Guru memberi
tugas kepada siswa untuk pertemuan yang akan datang semua siswa harus membawa
perlengkapan menggambar ilustrasi.
|
15 menit
|
Tanya jawab
|
V.
ALAT DAN MEDIA
·
Video CD/VCD,
·
contoh-contoh gambar ilustrasi,
·
buku Seni Budaya,
·
Buku Seni Rupa
VI.
PENILAIAN & TINDAK LENJUT
a.
Penilaian keaktifan siswa melalui lembar pengamatan
b.
Tanya jawab
c.
Soal-soal :
1. Jelaskan
pengertian gambar ilustrasi !
2. Sebutkan
unsur-unsur gambar ilustrasi !
3. Sebutkan
jenis-jenis gambar ilustrasi !
Kebasen,21 Juli
2013
Mengetahui Guru Seni Budaya
Kepala Sekolah
Drs.WAHYUDI SUSWIMAIYANTI,S.Sn
NIP.19560715 197903 1 007 Nip.19710424
200701 2 011
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Jenjang Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Materi Pokok : Berkarya Seni Rupa Terapan Nusantara
Uraian Materi : - Menggambar Ilustrasi
Kelas/Semester : VIII/ 1
Pertemuan Ke : 6
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
I.
STANDAR KOMPETENSI
Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
II.
KOMPETENSI DASAR
Mengekspresikan
diri melalui karya seni lukis/gambar.
III.
INDIKATOR
a. Menyebutkan
bahan dan alat untuk menggambar ilustrasi
b. Membuat
gambar ilustrasi.
IV.
SKENARIO PEMBELAJARAN
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
Metode
|
1.
|
Pendahuluan
Mengecek tugas yang telah
diberikan pada pertemuan yang lalu berkaitan dengan peralatan menggambar
ilustrasi..
|
10 menit
|
Tanya jawab
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Penjelasan umum cara menggambar ilustrasi
b.
Siswa menyiapkan peralatan dan bahan untuk praktik
menggambar ilustrasi
c.
Praktik mengambar
ilustrasi
d.
Guru memantau dan membimbing kerja siswa.
|
65 menit
|
Demonstrasi
Presentasi
Ekspositori
|
3.
|
Penutup
a.
Guru bersama siswa menyimpulkan materi pelajaran
b.
Guru mengumpulkan/menilai hasil menggambar ilustrasi.
|
15 menit
|
Tanya jawab
|
V.
ALAT DAN MEDIA
·
Video CD/VCD,
·
contoh-contoh gambar ilustrasi,
·
buku Seni Budaya,
·
Buku Seni Rupa
VI.
PENILAIAN & TINDAK LENJUT
a. Penilaian
keaktifan siswa melalui lembar pengamatan
b. Tanya
jawab
c. Soal-soal
:
1. Sebutkan
bahan dan alat untuk menggambar ilustrasi !
2. Buatlah
gambar ilustrasi dengan obyek gambar manusia, hewan, dan atau tumbuhan !
Kebasen,21 Juli
2010
Mengetahui Guru Seni Budaya
Kepala Sekolah
Drs.WAHYUDI SUSWIMAIYANTI,S.Sn
NIP.19560715 197903 1 007 Nip.19710424
200701 2 011
Tidak ada komentar:
Posting Komentar